Spooring yaitu suatu pekerjaan yang biasanya dilakukan di tiap kendaraan yang telah mencapai jarak tempuh di kilometer tertentu, biasanya per 10.000km untuk diselaraskan kembali sudut sudut geometri roda menyerupai sudut camber, sudut caster dan juga sudut toe yang suatu dikala niscaya bergeser. Spooring sanggup dilakukan baik secara manual dengan menggunakan benang ataupun meteran, juga sanggup dilakukan dengan sebuah mesin khusus yang dinamakan mesin spooring. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips ringan bagaimana melaksanakan spooring manual yang sanggup kalian lakukan sendiri tanpa harus pergi ke jago spooring, khusus untuk kendaraan beroda empat jenis truk ataupun elf minibus.
Cara spooring truk dan minibus sendiri
1. Kunci kunci untuk spooring manual truk dan minibus
Untuk melaksanakan spooring secara manual ini yang perlu anda persiapkan yaitu sebuah kunci kunci untuk mengendorkan single tierod truk serta meteran sebagai alat ukur. Untuk kunci membuka tie rod truk berbeda beda tergantung truk brand apa, khusus untuk isuzu anda hanya membutuhkan kunci inggris besar, kunci pas ring 30, dan kunci pas ring 24.2. Langkah melaksanakan spooring manual truk dan minibus sendiri
Pertama silahkan kendorkan mur pengunci tierod sisi kiri dan kanan dengan kunci pas yang telah anda persiapkan tadi, sehabis dikendorkan mintalah pemberian kepada seorang teman untuk mengukur panjang antara roda depan serpihan depan, dan roda depan serpihan belakang truk dan hitung selisihnya, pengukuran dilakukan pas pada serpihan tengah ban.Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.Untuk ukuran ideal kendaraan beroda empat truk ataupun minibus, selisih antara depan ( A ) dan belakang ( B ) maksimal yaitu 4 hingga 10 milimeter lebih pendek di serpihan depan ( A ). Setelah anda mendapat selisih 4 atau 10 mm antara serpihan depan dan serpihan belakang, silahkan anda kencangkan mur pengunci tie rod dan pastikan kencang semoga tidak kendor dan terlepas diperjalanan nanti. Saya sendiri biasa menggunakan selisih 4 milimeter utuk penyetelan.
Kenapa harus ada selisih 4 hingga 10 milimeter lebih pendek dibagian depan ? Selisih rentang jarak yang lebih pendek pada serpihan depan disebut dengan toe - in, sudut toe - in inilah yang menciptakan pengendalian kendaraan beroda empat menjadi lebih stabil, lurus dan tidak liar. Berbeda jikalau setelan terbalik yang belakang lebih pendek daripada serpihan depan, pengendalian akan menjadi liar, belum lagi setir sanggup kadang miring kiri kadang miring kanan tidak terang ( liar ).
Untuk penyetelan lain lain tidak ada yang perlu disetel lantaran truk atau kendaraan beroda empat elf minibus tidak mempunyai sehabis camber ataupun caster layaknya kendaraan beroda empat penumpang lain, dan sudut sudut camber caster dari truk ini permanen alias tidak sanggup disetel alasannya pada sebuah truk tidak menggunakan ball joint ataupun upper dan lower arm, melainkan eksklusif menggunakan King Pin sebagai penghubungnya.
Karena penggunaan King pin itulah kaki kaki truk ataupun minibus menjadi sangat berpengaruh walaupun dipakai untuk mengangkut muatan yang sangat berat, dan jarang sekali mengalami kerusakan jikalau si pemilik rajin melaksanakan perawatan dan investigasi pada serpihan ini, khususnya dalam memperlihatkan pelumas atau grease.
Nah itulah tadi tips bagaimana cara menspooring kendaraan beroda empat truk atau elf sendiri dengan menggunakan benang atau meteran. Dengan anda melaksanakan spooring sendiri, selain menghemat pengeluaran biaya untuk melaksanakan spooring juga akan menciptakan anda lebih tahu bagaimana cara merawat truk / minibus kesayangan. Semoga bermanfaat dan silahkan dicoba. Untuk mendapat hasil yang sangat akurat tentu akan lebih baik lagi bila anda eksklusif membawa truk tercinta ke bengkel khusus spooring dan balancing yang tersebar di kota anda.
0 Response to "Cara Spooring Sendiri Kendaraan Beroda Empat Truk Atau Elf Minibus"
Post a Comment