Kedua pulley yang dimaksud yaitu satu buah pulley berfungsi sebagai penggerak, sedangkan pulley lainnya berfungsi sebagai pengerak ( digerakkan ) dimana pulley pulley ini bisa secara otomatis menyesuaikan gigi yang diubahsuaikan dengan seberapa besar kecepatan yang diharapkan oleh sebuah mobil. Bila anda pernah membongkar CVT sepeda motor matic, ya kurang lebih menyerupai itulah bentuknya, atau bisa coba melihat gambarnya dibawah ini.
Cara kerja transmisi jenis CVT
Untuk cara kerja dari transmisi model ini berbeda dengan transmisi model manual yang masih mengubah torsi dan kecepatan dengan memanfaatkan gear planetary, pada transmisi CVT ini cukup memakai dua buah pulli yang dihubungkan dengan sebuah sabuk atau tali yang terbuat dari baja. Kedua pulley yakni pelopor dan yang digerakkan akan secara otomatis menyempit dan melebar sesuai dengan tingkat kecepatan yang diharapkan oleh sebuah mobil.Kelebihan transmisi jenis CVT
- Setiap teknologi terbaru tentu saja mempunyai kelebihan yang diusungnya, khusus untuk transmisi kendaraan beroda empat model CVT ini mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh transmisi lain dalam hal perpindahan gigi, untuk model CVT ini sangat halus sekali dan tidak terasa pengaruh menghentak atau shiffing layaknya transmisi manual ataupun matic model lawas.
- Selain itu penggunaannya juga sangat gampang, anda cukup memainkan pedal gas dan kopling saja tanpa harus repot repot memainkan gigi perseneling lagi.
- Efisiensi penggunaan materi bakar akan lebih meningkat, hal ini mengingat rpm kendaraan beroda empat dengan transmisi CVT jauh lebih stabil jika dibandingkan dengan yang non CVT. Berbeda dengan kendaraan beroda empat manual atau matic lawas yang dikala memindahkan gigi, rpm akan menurun drastis sehingga kita perlu menginjak gas lebih dalam lagi. Karena hal ini juga lah kenapa pada kendaraan beroda empat hybrid banyak yang mengaplikasikan model transmisi yang satu ini guna menciptakan konsumsi materi bakar sehemat mungkin, sebut saja misalnya ada pada kendaraan beroda empat Toyota Prius.
- Yang tidak kalah keren yaitu Engine brake dari transmisi bisa bekerja dengan sangat baik, dengan begitu kita tidak perlu terlalu sering menginjak pedal rem sehingga komponen rem tidak praktis overheat dan rusak.
Kekurangan transmisi kendaraan beroda empat jenis CVT
- Setiap kelebihan tentu akan dibarengi dengan kekurangan kekurangan yang dimiliki oleh suatu pengembangan teknologi. Pada transmisi model CVT ini pun juga demikian, kekurangan yang paling menonjol yaitu tingkat akselerasi tidak sebaik dan sebagus kendaraan beroda empat transmisi manual, dan sangat terang bahwa kendaraan beroda empat dengan teknologi ini hanya dikhususkan untuk orang orang yang kalem dan tidak ugal ugalan dalam menggunakannya.
- Disamping itu juga pada kendaraan beroda empat dengan transmisi CVT jika mengalami kerusakan, maka biaya perbaikannya juga akan memakan biaya yang jauh lebih mahal lagi dibandingkan kendaraan beroda empat bertransmisi matic konvensional alasannya yaitu teknologinya tentu jauh lebih rumit lagi.
Contoh kendaraan beroda empat yang sudah memakai transmisi CVT di indonesia
Beberapa jenis kendaraan beroda empat ini di indonesia sudah mengaplikasikan teknologi transmisi model CVT yang diantaranya yaitu kendaraan beroda empat Toyota Prius, Mitsubishi Outlander Sport, Honda Jazz, Honda Mobilio, Honda Odyssey, Nissan juke, Nissan Xtrail dan banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu persatu.Nah agar hingga disini anda bisa dengan praktis memahami dengan apa yang dimaksud dengan transmisi model CVT serta kelebihan dan kekurangan transmisi kendaraan beroda empat jenis CVT. Semoga bermanfaat dan silahkan dibantu share.
0 Response to "Mengenal Apa Itu Transmisi Cvt Pada Mobil"
Post a Comment