Menyikapi Recall Motor Yang Kerap Terjadi Di Indonesia

Recall kendaraan bermotor - dikala ini santer terdengar dan sedang berjalan proses recall kendaraan bermotor khususnya kendaraan sport roda dua maupun kendaraan beroda empat dari sang produsennya. melihat banyaknya unit yang direcall ini menciptakan para pengguna serta fanboy 2 produsen ternama roda dua yakni Ya**** dan Ho*** beradu debat dan saling melempar ejek mengenai produk sang rival yang buruk dan gagal produk. Memang sih Fanboy ini jikalau dilihat melalui komentar mereka sedikit menjengkelkan :), dan memang begitulah keadaannya sob :).

Tapi tahukah anda bergotong-royong recall ini mempunyai tujuan yang sangat baik sekali, yaitu memperlihatkan salah satu pelayanan oleh pabrikan kepada konsumen untuk melaksanakan penggantian secara gratis beberapa part yang diketahui cacat dan membahayakan bagi mereka. Atau dengan kata lain perusahaan / pabrikan kendaraan bermotor ini sangat mempedulikan kualitas produk mereka bukan ?

 dikala ini santer terdengar dan sedang berjalan proses recall kendaraan bermotor khususnya  Menyikapi Recall Motor Yang Kerap Terjadi Di Indonesia
proses recall Yamaha YZF R25


#Definisi Produk recall

Produk recall ialah suatu proses yang dilakukan oleh produsen / pabrikan untuk mengambil part yang terindikasikan cacat dari tangan konsumen dimana komponen yang cacat ini sanggup membahayakan para konsumen jikalau tetap dipaksakan memakainya. Biasanya ketika suatu produk kendaraan bermotor terkena racall, pabrikan atau manufaktur akan memperlihatkan surat pengumuman publik mengenai adanya duduk masalah keamanan pada produk yang mereka buat / ciptakan dan sebaiknya segera dilakukan penggantian dengan part atau komponen yang lebih aman. Dan recall ini ialah suatu bentuk tanggung jawab dari pihak manufaktur / perusahaan / pabrikan terhadap semua produk yang mereka buat dan mereka pasarkan.

Ingat bahwa pengujian suatu produk tidak saja dilakukan di lingkungan pabrik sebelum produk tersebut dibentuk dan dijual, akan tetapi mereka ( manufaktur ) juga melaksanakan monitoring ( pemantauan ) terhadap suatu produk yang telah mereka jual dan dipakai oleh para konsumen. Biasanya mereka mendapat masukan serta keluhan dari beberapa konsumen kemudian menganalisanya. Dan biasanya keluhan semacam ini tidak hanya ditindak lanjuti ala kadarnya, namun mereka juga akan melaksanakan penelusuran penyebab kenapa hal itu ( keluhan ) sanggup terjadi.

Nah dengan keterangan diatas sanggup disimpulkan bahwa dengan adanya recall ini para konsumen tidak akan menjadi korban tanggapan kesalahan manufaktur dan tidak menderita kerugian yang jauh lebih besar dikemudian hari.

Baca juga : Berikut alasan kenapa mesin kendaraan beroda empat atau motor perlu dipanasi



#1. Recall Produk Bagi konsumen 

laba recall :


  • Konsumen akan dijamin keamanan serta kualitas dari produk yang mereka pakai / beli serta mengurangi kerugian yang diakibatkan oleh produk yang cacat dilain waktu.


kerugian recall :


  • Pihak konsumen atau pembeli tentu saja akan rugi jikalau tidak tahu bahwa produk yang mereka gunakan tersebut telah direcall. Atau dengan kata lain, produk yang direcall ini lebih memperlihatkan laba kepada konsumen.



#2. Recall produk bagi perusahaan


laba recall :


  • Dengan melaksanakan recall ini maka sanggup meningkatkan gambaran yang bagi bagi pihak manufaktur oleh para konsumennya alasannya mereka ialah manufaktur yang bertanggung jawab. Walaupun terkadang sebagian konsumen mempunyai anggapan yang sebaliknya.
  • Membuat tingkat kepercayaan para konsumen menjadi lebih meningkat alasannya mereka membeli produk dari perusahaan yang sangat bertanggung jawab.


kerugian recall :


  • Kerugian dari proses recall ini bagi pihak manufaktur ialah timbulnya kerugian material dan tenaga serta sumberdaya yang sangat besar dikarenakan mereka harus melaksanakan penggantian komponen / part dengan jumlah yang sangat banyak tergantung seberapa banyak produk yang direcall ( termasuk sumbangan kompensasi bila ada ).
  • Menurunnya tingkat kepercayaan kepada manufaktur dilantai bursa saham yang biasanya akan berdampak pada menurunnya pergerakan harga saham mereka.
  • Biasanya jikalau suatu manufaktur mengadakan recall produk, mereka harus siap dijatuhkan oleh manufaktur rival dengan anggapan mereka hanya menjual barang cacat.



Memang tidak semua produk kendaraan yang telah dibentuk dan dipasarkan ini 100% sempurna, selalu ada kesalahan kesalahan yang menyebabkan beberapa komponen yang ada didalam kendaraan bermotor tersebut " cacat " sejak produksi sehingga gampang rusak dan sanggup berakibat fatal jikalau tidak segera dilakukan penggantian. Dan melaksanakan recall ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis, bayangkan mereka mau mengeluarkan berbagai dana hanya untuk memperlihatkan pelayanan  terbaik biar kualitas produk mereka terlihat baik dimata konsumennya.

Coba bayangkan saja jikalau suatu produsen kendaraan bermotor mengetahui wacana adanya keanehan dari produk mereka dan mereka hanya membisu membiarkan duduk masalah tersebut tanpa adanya tindakan recall, tentu konsumen lah yang dirugikan :).

Baca juga : Waspada ! Ketahui asal muasal motor murah non BPKB

Makara jikalau anda ialah salah satu pemilik motor yang terkena recall menyerupai misalnya Yamaha YZF R25 yang dikala ini masih dalam proses recall, sebaiknya anda tidak mengabaikan hal dan sesegera mungkin memenuhi seruan recall yang telah diberikan kepada anda. Semoga goresan pena amburadul diatas sanggup memperlihatkan pencerahan bagi kalian kalian mengenai duduk masalah recall sepeda motor ataupun mobil.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menyikapi Recall Motor Yang Kerap Terjadi Di Indonesia"

Post a Comment