Sebenarnya proses membubut kembali cakram rem depan mobi atau disc brake bukanlah suatu kewajiban yang harus kalian lakukan dikala ditawari, lantaran remaching atau pembubutan ulang semacam itu hanyalah suatu pelengkap yang pengerjaannya tidak dicantumkan didalam buku panduan servis. maka dari itu dikala anda ditawari untuk melaksanakan pembubutan / remaching ini sebaiknya ketahui terlebih dahulu prosedurnya semoga kalian nanti tidak akan keluar uang secara sia sia.
Baca juga : Apakah boleh mencuci mesin kendaraan beroda empat ? Berikut penjelasannya
#Pengertian remaching / bubut cakram instan
Remaching yaitu suatu pengerjaan pembubutan pada komponen disc brake atau cakram rem kendaraan beroda empat baik bab depan maupun belakang memakai sebuah alat khusus sehingga prosesnya tidak terlalu memakan waktu usang bila dibandingkan dengan cara biasa dimana harus melepas komponen disc brake. Dengan memakai sebuah alat remaching ini proses pembubutan bisa dikerjakan langsung, cukup mendongkrak mobil, membuka ban dan mesin bubut eksklusif ditancapkan dan mulai bekerja.
Manfaat melaksanakan remaching cakram rem
- Dapat memperhalus permukaan cakram rem, dengan halusnya permukaan rem ini akan menciptakan tingkat erosi kampas rem bisa diminimalisir sehingga lebih abadi kampas rem nya.
- Bisa menghilangkan keolengan kecil pada bab cakram rem, cakram rem yang putarannya oleng sanggup berdampak pada bergetarnya pedal rem dikala dilakukan pengereman.
- Lebih menghemat ongkos bila dibandingkan mengganti cakram rem baru, harga cakram gres biasanya per paket kiri dan kanan bervariasi tergantung jenis mobil, ada yang 600 ribu sampai jutaan rupiah. Sedangkan pengerjaan remaching ini cukup dengan membayar 300 ribu untuk membubut dua buah cakram rem kendaraan beroda empat bab kiri dan kanan.
Prosedur Pembubutan disc brake / cakram rem
Sebelum dilakukan pembubutan ulang ini terlebih dahulu disc brake harus dilakukan pengecekan baik secara visual maupun teknikal.
A. Pengecekan secara visual
Adalah dengan cara melihat eksklusif memakai mata, apakah cakram tersebut terdapat cacat ataukah tidak, bila ada cacat contohnya tergerus bab tengahnya pun harus dianalisa seberapa dalam serta bisa untuk dibubut ulang atau sebaiknya diganti baru.
B. Pengecekan secara teknikal
Adalah dengan memakai sebuah alat yang disebut dengan dial gauge, alat ini akan ditempel pada bab datar disekitar cakram, kemudian pada ujung pen pendial ditempelkan pada bab tepi cakram kemudian diputar. Fungsinya yaitu untuk mengetahui apakah piringan rem tersebut oleng ataukah tidak, seberapa besar keolengannya dan cocok dilakukan pembubutan ulang ataukah sebaiknya digantikan dengan yang baru.
Baca juga : Manfaat memakai angin nitrogen pada ban kendaraan beroda empat dan motor
Nah itulah tadi mekanisme yang harus anda ketahui terlebih dahulu jikalau ditawari pengerjaan remaching atau pembubutan ulang piringan rem tersebut. Jangan asal iya bila kalian tidak tahu apa fungsi dan keuntungannya suatu usulan pengerjaan baik baik kantong anda maupun kenyamanan berkendara kalian. Semoga goresan pena ini bermanfaat dan jangan lupa untuk dibantu share :).
0 Response to "Mengenal Mekanisme Pembubutan Dan Penggantian Cakram Rem Mobil"
Post a Comment