Ini Alasan Kenapa Kendaraan Beroda Empat Gres Gampang Ringsek Sesudah Kecelakaan

Pengetahuan otomotif crumple zone - Mungkin bila anda perhatikan untuk jenis kendaraan beroda empat keluaran terbaru ketika mengalami kecelakaan akan pribadi ringsek dan tentu hal ini dimata orang awam akan terlihat lebih ringkih bila dibandingkan kendaraan beroda empat mobil lawas atau jadul. Tak sedikit pula orang yang malah mengumpat produsen produsen kendaraan beroda empat yang ketika terlihat kecelakaan mobilnya ringsek tak berbentuk. Ini pikiran orang awam loh yang tak tahu menahu lantaran memang tidak diberi tahu.

Oleh lantaran itu kami akan mencoba menawarkan klarifikasi yang detail mengenai kenapa kendaraan beroda empat modern / gres body nya gampang ringsek ketika terjadi kecelakaan. Silahkan disimak dan dipahami dengan baik. http://automotivexist.blogspot.com/

#Pengertian crumple zone

Ketika kendaraan beroda empat terjadi kecelakaan niscaya kita akan melihat beberapa cuilan yang mengalami benturan akan hancur tak berbentuk, namun pada cuilan kabin kendaraan beroda empat tidak begitu mengalami kerusakan yang berarti lantaran memang untuk kendaraan beroda empat keluaran gres rata rata telah mengadopsi teknologi crumple zone pada produk mereka. Nah crumple zone ( crush zone ) sendiri yaitu kontruksi / cuilan bagian tertentu yang ada pada cuilan kendaraan beroda empat yakni cuilan depan, samping dan belakang yang sengaja dibentuk lebih ringkih bila dibandingkan dengan kontruksi kabin utama Tujuan dari desain ini yaitu semoga ketika kendaraan beroda empat terlibat suatu kecelakaan, maka cuilan crumple zone lah yang akan mendapatkan dan menyerap gaya kinetik yang tiba dari arah berlawanan yang selanjutnya diredam sehingga tidak hingga ke kabin kendaraan beroda empat dan melukai pengemudi kendaraan beroda empat serta penumpangnya. Pada pada dasarnya konsep crumple zone ini yaitu untuk keselamatan / safety. Untuk memahami lebih jauh mengenai crumple zone silahkan baca goresan pena kami yang lain di : Pengertian crumple zone, cara kerja dan manfaatnya.

 Mungkin bila anda perhatikan untuk jenis kendaraan beroda empat keluaran terbaru ketika mengalami kecelaka Ini Alasan Kenapa Mobil Baru Praktis Ringsek Setelah Kecelakaan
lubang kontruksi crumple one dari kendaraan


Teknologi crumple zone ini pada awalnya ditemukan oleh insinyur marcedes bela barenyi pada tahun 1937 dan diaplikasikan ke produk marcedes di tahun 1959. Makara sebetulnya teknologi crumple zone ini sudah ada semenjak lama. Dan semakin berkembangnya teknologi yang ada serta rutinnya para insinyur otomotif mengembangkannya maka ditemukanlah formulasi yang terbaru menyerupai yang ketika ini diaplikasikan pada kendaraan gres disaat ini. Untuk isu akurat anda sanggup membaca kutipan dari wikipedia di : https://id.wikipedia.org/wiki/Zona_benturan

Baca juga : Inilah beberapa hal yang menciptakan konsumsi materi bakar menjadi boros

#Cara kerja crumple zone

Pada desain kendaraan yang mengadopsi teknologi crumple zone, ketika terjadi sebuah benturan akhir kecelakaan, maka benturan yang diterima tadi akan diserap oleh cuilan bagian crumplezone dan didistribusikan ke cuilan lain dari kendaraan sehingga semua penumpang didalam kabin kendaraan beroda empat selamat. Maka dari itulah tidak absurd kalau ketika terjadi kecelakaan, cuilan luar kendaraan beroda empat akan terlihat hancur namun cuilan dalam kabin tetap aman. Coba bandingkan gambar dibawah ini antara kendaraan beroda empat yang mengadopsi teknologi crumple zone dan yang tidak. http://automotivexist.blogspot.com/

 Mungkin bila anda perhatikan untuk jenis kendaraan beroda empat keluaran terbaru ketika mengalami kecelaka Ini Alasan Kenapa Mobil Baru Praktis Ringsek Setelah Kecelakaan
gambar pengetesan kendaraan beroda empat non crumple zone VS with crumple zone


Makara ketika kendaraan beroda empat yang kita kendarai terlibat ukiran dengan kendaraan lain ataupun menabrak benda permanen menyerupai tembok bangunan, tiang listrik dan lain sebagainya, titik titik crumple zone yang berada pada area tabrak tadi akan melengkung dan rusak guna menyerap energi benturan / hentakan sehingga kabin kendaraan beroda empat tetam aman. Bahkan di beberapa kendaraan beroda empat glamor kelas atas pun menyebabkan engine mounting sebagai titik crumple zone, jadi ketika kendaraan beroda empat menabrak dengan kecepatan tertentu, maka secara otomatis mesin dan transmisi kendaraan beroda empat akan jatuh sehingga tidak terdorong masuk dan menjepit si pengemudi.

Bila kalian pernah membuka cuilan bemper kendaraan beroda empat tentu kalian akan melihat kontruksi body yang terdapat banyak lubang, dan itulah letak crumple zone berada. Untuk mengetahui lebih detail mengenai crumple zone tentu akan lebih sanggup dengan gampang dipahami kalau kalian melihat sebuah video demo. Dibawah ini yaitu pola fungsi penggunaan crumple zone pada kendaraan volvo XC60

#Video test efektifitas crumple zone




  • Video credit by              : Volvo Xc60
  • Original tittle of videos : Volvo XC60 Crumple Zones
  • Channel of videos          : https://www.youtube.com/channel/UCBuk2xPxv3MUOMR3cdRS_Kw


Untuk melihat video lain mengenai crumple zone dari kendaraan beroda empat volvo silahkan kunjungi channel youtube diatas.

Crumple zone ini bukan hanya lubang lubang yang ada pada body kendaraan beroda empat cuilan luar saja, bahkan beberapa busa atau stereofoam yang ada pada cuilan erat radiator atau di cuilan bawah kap mesin kendaraan beroda empat termasuk salah satunya berfungsi sebagai crumple zone. Benturan yang diterima oleh cuilan bumper kendaraan beroda empat akan diserap oleh bumper tersebut ( bahkan bumper hingga penyok ) lalu diredam dan disalurkan ke cuilan busa atau styrofoam tadi. Termasuk juga cuilan kap kendaraan beroda empat juga akan pribadi melengkung kalau terjadi kecelakaan lantaran pada cuilan dalam kap kendaraan beroda empat juga terdapat kontruksi crumple zone, bayangkan bila sewaktu kecelakaan kap kendaraan beroda empat tidak melengkung dan malah terdorong kebelakang hingga menghandurkan beling depan dan menembus tenggorokan anda ? pastinya anda tidak akan sanggup makan pisang goreng yang enaknya minta ampun itu sob.


Bukankah untuk melaksanakan perbaikan kendaraan beroda empat yang hancur tersebut akan memakan biaya yang lebih besar bila dibandingkan dengan kendaraan beroda empat yang tidak dilengkapi dengan crumple zone ?

Emmmmm, coba bandingkan saja biaya tersebut dengan terselamatkannya nyawa anda bila terjadi hal yang demikian ?

Baca juga : Inilah penyebab mesin kendaraan beroda empat suara ngelitik

Nah bagaimana apakah anda sudah mengerti kenapa kok kendaraan beroda empat mobil ketika ini gampang sekali rusak ketika tabrakan ? lantaran tak lain dan tak bukan yaitu demi keselamatan anda dan keluarga tercinta bilamana terjadi sesuatu yang tak diinginkan ketika berkendara memakai mobil. Makara kalau anda melihat ada kendaraan beroda empat hancur ketika kecelakaan jangan mengumpat pabrik pembuat mobilnya dengan menyampaikan produk murahan ya :). http://automotivexist.blogspot.com/


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Alasan Kenapa Kendaraan Beroda Empat Gres Gampang Ringsek Sesudah Kecelakaan"

Post a Comment