Fungsi Dari Kolam Oli / Oil Pan Pada Mobil

Fungsi komponen mesin mobil - kolam oli atau oil pan ialah salah satu penggalan dari mesin kendaraan beroda empat yang mempunyai fungsi sangat penting sekali dalam sistem pelumasan mesin. Bak oli atau oil pan ini sering disebut juga dengan istilah kalter bagi sebagian orang, dan oil pan ini biasanya terpasang dibagian bawah kendaraan beroda empat tepatnya pada penggalan bawah blog mesin. Mungkin bagi kalian yang sering melaksanakan penggantian oli kendaraan beroda empat sendiri sudah tidak aneh dengan kolam oli ini, sebab posisi sumbat atau baut penguras oli berada pada penggalan ini.

Bentuk oil pan ini ibarat sekali dengan kolam penampungan dimana memang sesuai dengan namanya " oil pan " yang mempunyai fungsi utama ialah sebagai alat penampungan sementara oli yang telah dipakai untuk melumasi banyak sekali komponen mesin diatasnya ibarat seluruh isi dari head cylynder, gear gear, piston serta crankshaf, yang nantinya oli dari kolam penampung ini akan dihisap kembali keatas dengan memakai pompa oli ( oil pump ) menuju ke lubang dan selang pelumasan mesin, proses ini akan terjadi secara terus menerus dan berulang ulang seterusnya. Untuk melihat bagaimana bentuk dari oil pan silahkan lihat gambar dibawah ini.

 kolam oli atau oil pan ialah salah satu penggalan dari mesin kendaraan beroda empat yang mempunyai fungsi sanga Fungsi Dari Bak Oli / Oil Pan Pada Mobil



Bentuk oil pan mobil

Oil pan atau kolam oli ini terbuat dari baja atau aluminium dan dipasang eksklusif ke blok silinder penggalan bawah memakai baut dan dilapisi dengan perpak atau seal supaya tidak terjadi kebocoran. Didalam sebuah oil pan terdapat plat penyekat yang bertujuan untuk menjaga oli tidak ikut miring dikala kendaraan beroda empat dalam posisi miring, sehingga pompa oli akan tetap sanggup memompa oli naik keatas dan melunasi seluruh komponen mesin. Pada penggalan bawahnya entah itu sempurna dibagian bawah atau samping terdapat baut penguras oli yang berfungsi untuk mengeluarkan oli usang dari dalam oil pan, dan menggantinya dengan memakai oli gres yang dimasukkan kedalam ruang mesin melalui lubang pengisian oli yang biasanya terdapat dibagian atas dari sebuah mesin.

Kenapa kalter kolam oli sering bocor ?

Biasanya kalter oli yang sering mengalami kebocoran walaupun sudah dilakukan perbaikan dengan jalan mengganti seal / gasket dan menambahkan lem perekat khusus ialah sebab adanya penggalan tepian dari oil pan ini yang melengkung / bengkok sehingga mengakibatkan oil pan tidak lagi presisi dikala dipasang. Bengkoknya penggalan bibir oil pan ini lebih banyak diakibatkan sebab oil pan terantuk watu dijalanan dikala melewati jalanan yang tidak bagus. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan jika mengalami kasus yang ibarat ini ? langkah terbaik ialah dengan melaksanakan pengecekan lebih lanjut mengenai kerataan bibir oil pan dan juga bibir blok silinder. Jika ditemukan bibir blok yang kurang rata anda sanggup membubut / mengamplasnya, namun jika memang benar penggalan tepian oil pan yang bengkok atau melengkung sebaiknya dilakukan penggantian dengan oil pan yang baru.

Baca juga : Cari tahu seberapa berpengaruh daya angkut ban kendaraan beroda empat dengan melihat Load Index Ban

Nah bagaimana apakah pengetahuan anda sudah bertambah dengan membaca artikel diatas ? semoga goresan pena singkat diatas bermanfaat bagi pembaca khususnya yang masih pemula dalam mengenal dunia otomotif.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Dari Kolam Oli / Oil Pan Pada Mobil"

Post a Comment